Sunday 28 May 2017

Pengertian otaku dan tingkatannya

loading...
Assalamualaikum wr.wb.

Hallo semua, kembali lagi di blog saya. Hari ini saya ingin memberi sedikit pengetahuan tentang "Pengertian Otaku",  apa kalian pernah mendengar kata otaku?  bagi kalian yang sering menonton anime dan sering menggunakan social media. Pasti kata  "otaku" ini sudah tidak asing lagi di telinga kalian.

Pengertian otaku sendiri adalah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk sebutan kepada orang-orang yang memiliki minat sangat besar terhadap sesuatu, biasanya dalam hal Anime dan Manga. Menurut orang Jepang, Otaku itu orang penyendiri yang aneh dan jarang keluar rumah karena hobinya itu. Dan sekarang otaku bisa diartikan sebagai "orang yang tergila-gila pada suatu tema, topik, atau hobi tertentu".

Namun orang jepang sangat percaya diri menyebut diri mereka sebagai otaku, lain halnya dengan orang indonesia. Di indonesia para pecinta anime dan manga lebih suka di sebut fans dari pada otaku.

Dari pengertian di atas kalian mungkin sudah berpikir apakah kalian otaku atau bukan. Tapi tunggu dulu, otaku terbagi dalam beberapa macam. 

1. Manga-ota
Orang-orang yang suka membaca manga dan mengoleksi manga.


2. Seiyuu-ota
Seiyuu adalah pengisi suara dari anime. Jadi, Seiyuu-ota adalah orang-orang yg menyukai "Seiyuu". Mereka akan dapat dengan mudah mengenali "Seiyuu" hanya dengan mendengar suaranya saja.


3. Tetsudou-ota
Ada 2 tipe dari otaku ini, “noritetsu” yaitu orang yang memiliki hobi melakukan perjalanan menggunakan kereta, dan “toritetsu” yaitu orang yang memiliki hobi mengambil foto dari kereta.


4. Idol-ota
Mereka ini hanya tertarik terhadap 3D (sanjigen/nyata) ketimbang 2D (nijigen/kartun/animasi). Mereka biasanya mengambil foto-foto idolanya menggunakan camera.



5. Figure-ota
Golongan ini ada 2 tipe, yang pertama adalah yg mengoleksi figure-figure yang lebih mahal, dan yang kedua yang suka mengoleksi “Gachapon/Gashapon” (gachapon adalah figure kecil).


6. Cosplay-ota
Mereka ini lebih suka menggunakan pakaian seperti karakter anime/game. Biasanya ada komunitasnya tersendiri.


7. Maid-ota
Juga dikenal sebagai "Meidosuki". Orang-orang ini menyukai orang yang berpakaian dan bertindak seperti seorang maid (pelayan).


9. Anime-ota
Orang-orang yang suka dengan segala hal berhubungan anime.


10. Pasocon-ota
Orang-orang yang suka dengan segala hal yang berhubungan dengan komputer. Orang dalam golongan ini biasanya suka mengoleksi berbagai jenis komputer atau hanya menyukai softwarenya saja.


11. Game-ota
Orang-orang yang suka bermain game, tapi bukan yang tergolong erogame. Kebanyakan sering disebut sebagai “Gamer”.


Itulah beberapa macam otaku, dan berikut adalah Tingkatan Otaku.

5). Newbie Otaku

Pada tingkat ini orang tersebut masih melihat anime dari acara televisi, baca manga sekedarnya, dan melihat beberapa anime yang sudah terkenal didunia saja. Ini adalah tingkatan otaku yang paling rendah.

4). Anime Lovers

Tingkat ini lebih tinggi dari Newbie Otaku, karena orang tersebut sudah cukup mengenali banyak manga dan anime. Bahkan mereka bisa menyebutkan sedikitnya 30 macam judul anime atau manga di luar anime-anime yang sudah terkenal. Anime Lovers juga hafal chara utama atau chara yang sering muncul di anime tersebut.

3). Otaku

Seperti yang kita tahu, Otaku bisa juga disebut dengan Anime Addict. Dalam tingkat ini, orang tersebut sudah hafal ratusan judul anime, manga, VN, LN, bahkan sampai nama chara dalam anime tersebut.

2). Nijicon

Sebutan bagi mereka orang-orang yang suka pada suatu anime hingga mereka berani mengklaim chara yang dia cintai sebagai istrinya. Soal wawasan nijicon jangan ditanya, pengetahuan mereka tentang bidang ini sangatlah luas dan tidak bisa diremehkan.

1). Hikikomori

Sebutan bagi mereka yang seluruh otaknya hanya berisi anime, manga, VN,LN, tokusatsu, dan lainnya. Untuk soal wawasan para hikikomori jangan ditanya lagi, mereka dapat tau nama chara hanya dengan melihat dari kaki, mata, atau bahkan pakaian mereka saja.

Dan biasanya para hikikomori mengetahui ribuan judul anime, manga, VN, LN, dan lainnya bahkan yang sudah sangat lama pun mereka masih mengingatnya. Namun, karena sikap mereka itulah kebanyakan dari mereka jarang bersosialisasi, mereka cenderung menghabiskan waktu mereka di dalam rumah.

Nah itu dia tadi sedikit pengertian otaku dan tingkatannya, jadi kalian termasuk otaku seperti apa? berada ditingkatan manakah kalian? kalo saya sih mungkin anime lovers. kalo kalian?

Cukup sekian artikel saya kali ini mengenai pengertian otaku, terimakasih atas kunjungannya. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

Top 5 anime 2018

Assalamualaikum wr.wb. Hallo semuanya, maaf nih baru bisa post lagi, bukannya malas atau kehabisan bahan sih. cuma lagi gk mood aja heheh....