Wednesday 31 May 2017

Arti beberapa genre dalam anime

loading...
Assalamualaikum wr.wb.

Masih dalam suasana Ramadhan, kali ini saya membuat postingan mengenai Arti genre dalam anime. Seperti yang anda ketahui setiap anime memiliki genre masing-masing, dan dalam satu serial anime setidaknya memiliki 2 genre. Saya sendiri menyukai anime dengan genre action dan super power, entah kenapa saya menyukai anime dengan adegan perkelahian dan anime yang karakternya dapat berubah, terasa lebih seru apa lagi jika tokoh utamanya tidak memiliki kekuatan atau keistimewaan namun saat berubah dia menjadi sangat kuat dan terlihat sangat menarik. Kalian sendiri lebih menyukai genre apa? Action? Adventure? Atau berbau H :v setiap orang memiliki genre favorit masing-masing, ada yang sama ada pula yang berbeda.


Oke langsung saja, mari kita bahas satu persatu arti genre dalam anime, dibawah ini.

1.    Action
Action atau dalam bahasa Indonesia berarti aksi, genre jenis ini berhubungan dengan perkelahian dan pertarungan. Baik itu secara fisik maupun non fisik, seperti pertarungan tangan kosong yang ada dalam anime One Piece  atau pertarungan kekuatan sihir yang ada dalam anime Fairy Tail.


 2.    Adventure
Adventure berarti petualangan, genre jenis ini juga tak kalah seru dengan genre action bercerita tentang petualangan  yang dilakukan sesorang atau beberapa kelompok yang memiliki alas an tertentu. Entah itu untuk menjadi raja bajak laut seperti di anime One Piece atau untuk menjadi seorang Hokage dalam anime Naruto.



3.    Comedy
Ini nih salah satu genre yang membuat anime menjadi lebih menghibur, comedy atau komedi dalam bahasa Indonesia. Genre ini penuh dengan kekonyolan, hal-hal gokil, dan lelucon yang membuat penonton tertawa. Seperti dalam anime Gintama.


4.    Drama
Genre ini memuat cerita fiksi yang dapat mempengaruhi emosional penonton hingga penonton terhanyut dalam ceritanya. Seperti dalam anime Clannad.


5.    Demon
Genre ini memiliki cerita dimana hal-hal yang berbau iblis dan kegelapan menjadi titik cerita, biasanya tokoh utama berperan sebagai “demon” seperti yang ada dalam anime hataraku maou sama.


6.    Fantasy
Seperti namanya, genre ini bercerita tentang dunia fantasi yang berkaitan dengan imajinasi manusia dan tidak sesuai dengan kenyataan. Seperti anime Sword art online.


7.    Game
genre game ini biasanya bercerita tentang permainan kartu atau video game, namun sekalipun permainan di genre ini tidak mengandung cerita olahraga atau unsur kekarasan


8.    Gore
Dari namanya saja terdengar mengerikan, genre ini sangat tidak disarankan untuk anak di bawah umur karena memperlihatkan hal yang mengerikan seperti potongan tubuh yang ada dalam anime Corpse party.


9.    Historical
Genre jenis ini berkaitan dengan sejarah baik itu tempat, orang, ataupun benda.


10.    Horror
Mendengar kata horror pasti kalian sudah membayangkan hal-hal yang mengerikan, genre jenis ini bercerita tentang terror yang mencekam dan sangat menakutkan dengan tema yang lebih gelap. Seperti dalam anime Another.


11.    Harem
Genre jenis ini berceritan tentang seorang laki-laki yang menjadi rebutan wanita. Tapi jangan di tonton saat berpuasa entar pikirannya pada kemana-mana lagi.


12.    Josei
Josei berarti wanita, genre ini ditujukan untuk wanita berumur 18-30 tahun, ceritanya lebih realistis dan kurang idealisme disbanding genre shoujo.


13.    Kodomo
Kodomo/kids/anak kecil adalah cerita yang ditujukan untuk anak-anak.


14.    Lolicon
Genre ini bercerita tentang seorang wanita yang bertubuh mungil, biasanya wanita yang dimaksud adalah anak dibawah umur.


15.    Mecha
Mecha dalam bahasa Indonesia di artikan robot besar yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Seperti yang ada dalam anime gundam.


16.    Mistery
Genre mystery membuat para penonton berfikir untuk memecahkan sebuah mistery yang berupa kata-kata, kode, atau kasus pembunuhan. Seperti dalam annime Detectif conan.


17.    Martial ars
Genre jenis ini mengandung unsur bela diri.


18.    Military
Seperti namanya genre ini berhubungan dengan militer, seperti yang ada dalam anime Code Geas.


19.    Music
Genre ini bercerita tentang seseorang atau grub yang memainkan instrument music.


20.    Netotare.
Netotare atau lebih dikenal dengan istilah NTR bercerita tentang perselingkuhan yang menyebabkan kecemburuankepada pasangannya, yang kadang membangkitkan emosional penonton.


21.    Moe
Genre ini biasanya memiliki karakter yang imut, lucu, menggemaskan dan memiliki tingkah laku yang naïf.


22.    Psychological
Seperti namanya genre ini berkaitan dengan pikiran atau psikologi manusia yang abnormal.


23.    Romance
Genre romance bercerita mengenai cinta dan kasih sayang yang sangat menyentuh genre ini berkaitan dengan genre drama yang mengangkat emosional penonton.


24.    Slice of life
Genre ini bercerita tentang kehidupan dari karakter yang biasa terjadi di kehidupan nyata. Genre ini mengandung amanat pelajaran dalam menjalani kehidupan.


25.    Sci-fi
Genre ini bercerita mengenai penemuan di masa depan yang pastinya berupa cerita fiksi.


26.     Seinen
Seinen di artikan “pria muda” dimana genre ini ditujukan untuk pria berumur 18-25 tahun, bercerita tentang kehidupan seorang pria  dan masa-masa muda yang lebih realistis.


27.    Shoujo.
Shoujo berarti wanita muda, genre ini lebih ditujukan untuk remaja wanita dengan karakter yang kuat dan cerita yang romantis. Seperti dalam anime mahou shoujo.


28.    Shounen.
Shounen hampir sama dengan shoujo, namun lebih ditujukan untuk pria dengan cerita yang mengandung kekerasan. Seperti dalam anime Bakuman.


29.    Shotacon
Genre shotacon hampir sama dengan lolicon namun yang ditampilkan disni adalah pria dibawah umur.


30.    School life
Genre ini menceritakan tentang kehidupan di sehari-hari di lingkungan sekolah.


31.    Sentai
Sentai bisa diartikan “kelompok perkelahian”.  Bercerita tentang pertunjukan yang mengandung unsur super hero.


32.    Supernatural
Supernatural biasanya berkaitan dengan hal-hal mistis. Cerita genre ini mengandung kekuatan atau peristiwa diluar batas imajinasi manusia yang melawan hukum fisikan dan hukum alam.


33.    Super power
Seperti yang sudah saya katakana di awal, genre super power memiliki kekuatan yang hebat, yang kadang dapat membuat tokoh utamanya berubah bentuk. Seperti dalam anime Naruto.


34.    Sport
Pasti kalian tidak asing dengan genre ini, bercerita tentang segala sesuatu mengenai olahraga seperti sepak bola, renang, rugby, dan lain-lain


35.    Vampire
Bercerita tentang vampire, yang kadang karakter didalamnya juga seorang vampire.


36.    Yuri
Genre yang bercerita tentang hubungan wanita dan wanita yang memiliki ketertarikan satu sama lain.


37.    Yaoi
Yaoi atau bisa diartikan sebagai homo, adalah genre yang hamipir sama dengan yuri, namun disini adalah pria. Ini adalah salah satu genre trap yang hanya bisa di tonton oleh master. :v


Itu dia tadi macam-macam genre yang ada dalam anime, bila ada yang kurang dan ingin ditanyakan silahkan berikan komentar kalian di kolom komentar. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa di artikel saya selanjutnya dan selamat menunaikan ibadah puasa.


Wassalamualaikum wr.wb.

7 comments:

  1. Entah kenapa Genre Harem banyak yang gak suka, padahal ada banyak genre harem yang bagus contohnya Zero no tsukaima

    ReplyDelete
  2. Yg gende harem apaan tuh animenya?

    ReplyDelete
  3. Kalo kata futunari maksudnya apa ya min?

    ReplyDelete

Top 5 anime 2018

Assalamualaikum wr.wb. Hallo semuanya, maaf nih baru bisa post lagi, bukannya malas atau kehabisan bahan sih. cuma lagi gk mood aja heheh....